AGENDA KEGIATAN          iconrss
 
 
Taman Budaya Yogyakarta
Jalan Sri Wedani No 1 Yogyakarta
Telp. 0274 523512, 561914
Fax 0274 580771


Kontak Messenger
 RGT Sambodo, Dinas Kebudayaan Provinsi DIY
 Rudi TBY
 Taman Budaya

Statistics
512636 Total visits
960 Visits Today
17 Currently Online
DATA SENIMAN
Nama Kategori
MARSIDAH
« Kembali


Jenis Kelamin :
Perempuan

Tanggal Lahir :
21 Mei 1942

Alamat :
Jl.Madubronto,No.9,Bugisan Yogyakarta

Website :

Email :

Kategori :
Teater (Ketoprak)

» Klik disini untuk Daftar Karya MARSIDAH Dalam Galeri

Keterangan :

   Marsidah adalah satu dari sekian banyak perempuan pemain ketoprak yang mempunyai perjalanan pengalaman panjang. Marsidah identik dengan ketoprak. Ia dilahirkan Mei 1942 di Padang, Sumatra Barat.Dan dari perkawinannya dengan Widayat  yang juga pemain serta tokoh ketoprak telah dikaruniai 3 orang anak, 2 anak perempuan dan 1 anak laki-laki

 

    Awal perjalanan hidup berkesenian Marsidah , di mulai ketika ia coba-coba pentas ketoprak dalam rangka HUT PNI di kampungnya sendiri sekitar 1965, berawal dari pentas coba-coba itu Marsidah  mencoba  makin mesuntuki dan mengakrabi. Alhasi, Bagi Marsidah perjalanan itu membuahkan wawasan  dan pengalaman,Waktu memang terus saja bergulir dan jampun akhirnya berkembang dari pentas coba-coba seperti 17 Agustus. HUT GMNI dll.

 

     Salah seorang pengurus grup ketoprak Among Mitro (Bp. Widayat, yang sekarang menjadi suaminya) mengajaknya untuk bergabung. Sejak saat itu Marsidah lebih aktif bermain ketoprak bersama grup Among Mitro hingga mengatarkan Marsidah  untuk mencari pengalaman yang lebih dalam lagi.Sikap profesionalisme dalam mengakrabi dan medalami duni ketoprak mengantar Marsidah menjadi karyawan RRI Nusantara  II Yogyakarta sebagai tenaga honorer. Di RRI Nusantara II inilah marsidah semakin semangat mengeluti dunia ketoprak.Dan di tempat ini pulalah Marsidah mendapatkan  tempaan serta pelajaran yang berharga.0 dari Sumardjono.

 

     Berkat semangan Sumardjono dalam menempa Marsidah serta didukung pula dengan keuletan-keuletan dirinya menjadikan Marsidah sebagai seorang pemain ketoprak yang handal. Ternyata dunia ketoprak yang digeluti dan diakrabinya  dapt memberikan kepuasan sekaligus mata rantai pengembangan kariernya.

 

     Sepak terjang Marsidah dalam menggeluti duni ketoprak ternyata diawasi dan dimonitori oleh seorang seniman, tokoh ketoprak Handyng Kussudyarsana atau lebih dikenal dengan Rama nDung. Bersama-sama Rama  nDung Marsidah membentuk wadah perkumpulan ketoprak dengan nama Sapta mandala di bawah naungan Kodam IV Diponegoro.

 

     Kita simak era 70-an sampai 80-an Marsidah begitu eksis dalam perjalannya di dunia ketoprak  namun tidak berarti pasca tahun n80-an Marsidah terhenti ia tetap mengeluti  dan mengakrabi dunia ketoprak.

 

   Selain mketoprak Marsidah juga menggluti lawak dan sinetron.Dunia itu bagi Marsidah sudah merupakan dinamika kehidupan.

 

   Marsidah juga kaeyawan Departemen Peneranagn (1971-1990) atau 27 tahun mengabdikan diri sebagai pegawai negri.

 

   Di usia senja, Marsidah telah menikmati hasil jerih payahnya dan ia begitu bangga melihat generasi muda sekarang ini juga mencintai ketoprak.

   Tinggal di Jl. Madubronto No 9, Bugisan Yogyakarta sebagai seniman ketoprak lawak dan pemain sinetron darah seni Marsidah sudah mengalir tidak sia-sia. Anak sulungnya telah mewarisi bakat Marsidah, dan Ia pun berjanji bahwa dia tetap kobsisten akan berkesenian sampai kapanpun. Umur tidak menjadikan penyebab atau penghalang bagi aktinitas serta kreativitasnya sebagai seniman.